• 6 Desember 2021

Diduga Proyek Siluman, DPD LIRA Konkep Soroti Dinas PU Konkep

Okt 28, 2021

KONKEP, Parameternews.com- Dewan Pimpinan Daerah Lumbung Informasi Rakyat (DPD LIRA) Konawe Kepulauan menduga Pekerjaan jalan di Desa Polara Kecamatan Wawoni Tenggara adalah proyek siluman.

Pasalnya. Penulisan pada papan proyek yang seharusnya Kecamatan Wawoni Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan di ganti menjadi Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe.

Wakil sekretaris daerah DPD LIRA Konkep Marno menilai itu adalah proyek siluman, karena adanya papan nama yang tidak jelas, kemudian tidak memuat anggaran pada papan proyek.

“Tentunya, diperlukan adanya teguran dan anjuran dari pihak dinas terkait  dan penataan ruang Kabupaten Konkep, untuk selalu transparan dalam memberikan informasi ke masyarakat yang jelas.”, Jelasnya. Rabu, 28 oktober 2021.

“Tidak seperti pekerjaan proyek aspal di Desa Kekea/kelurahan Polara  Kecamatan Wawonii Tenggara”, tambahnya.

Sehingga, lanjut kata Marno, proyek pekerjaan jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang melalui CV Ami Dua Lima Pratama diduga tidak sesuai amanah yang terkandung dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), kemudian Perpres nomor 54 tahun 2010 dan nomor 70 tahun 2012 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

“Masih tertuang, dimana  aturan yang mengatur setiap pekerjaan fisik yang dibiayai Negara, wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, dan nilai kontrak, serta jangka waktu dan lama perkerjaan”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Marno mengatakan, semestinya, pihak pemerintah, seperti pengawas lapangan memonitoring dan menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek.

“Nah, kalau proyek   ini  tidak jelas, berarti proyek ini proyek siluman,” terangnya.

Di tempat yang berbeda wahyudin, warga Desa Polara saat dikunjungi di kediamaanya mengatakan, proyek tersebut tidak memuat anggaran didalam papan informasi proyek.

“Ini merupakan pertanyaan kami mengenai anggaran dan waktu pekerjaan”,Tutupnya.

-------------------------------