• 10 Desember 2021

Dispar Sultra Siap Gelar Workshop Ekonomi Kreatif

Nov 30, 2021 , , ,


KENDARI – Menurunnya penyebaran Covid-19 di tanah air, telah memberikan harapan akan bangkit perekonomian.

Karenanya, kondisi ini harus segera direspon cepat pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Sultra, untuk mengintensifkan pemarasan produk dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sebab pasar digital yang berkembang pesat saat ini mengharuskan pelaku usaha masuk kedalam, memasarkan aneka produk di pasar digital.

Dengan kondisi ini pula diperlukan kolaborasi berbagai pihak, guna membantu pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada di Sultra dalam memanfaatkan secara optimal peluang pasar digital melalui penguasaan teknologi.

Atas hal tersebut, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sultra akan menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Pasar Digital, yang rencananya akan digelar pada 2-5 Desember 2021, disalah satu hotel di Kota Kendari.

Kegiatan itu akan menghadirkan sejumlah pemateri kompeten, mulai dari praktisi usaha kreatif, praktisi pasar digital dan akademisi, untuk berbagi pengetahuan kepada para peserta dari para pelaku usaha kreatif di kabupaten/kota se-sultra.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bertujuan memberikan penguatan terhadap komitmen para stakeholder, pelaku usaha kreatif dalam mengembangkan industri kreatif melalui teknologi digital.

Memberikan pendampingan pelaku usaha kreatif dan stakeholder dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Provinsi Sultra.

“Juga memberikan pemahaman dalam sistem pengelolaan dan kolaborasi dalam komunitas usaha kreatif di Provinsi Sultra yang menghasilkan role model manajemen usaha kreatif berbasis digital khas Sultra,” ujar Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sultra Syamsinar kepada Rakyat Sultra, Senin (29/11).

Melalui workshop tersebut diharapkan usaha kreatif yang ada di sultra dapat menjadi komoditas nasional dalam rangka promosi wisata sultra, menjadi role model pengelolaan usaha kreatif berbasis promosi wisata, seni dan budaya sultra.

-------------------------------