• 11 Desember 2021

Dosen UHO, Latih Petani di Mokoau Gunakan Medsos Pasarkan Produk Pertanian

Okt 29, 2021 , , , ,

KENDARI-  Digitalisasi saat ini sudah menyentuh hampir diberbagai lapisan masyarakat. Tak terkecuali dibidang usaha. Saat ini, justru pasar online makin diminati di tengah masyarakat. Bahka, tidak sedikit juga masyarakat yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan barang-barang yang hendak dijual.

Lalu bagaimana dengan produk pertanian atau produk yang dihasilkan para petani? Nah inilah yang mendorong Tim Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Tematik Kelompok IV Fakultas Pertanian (FP) Universitas Halu Oleo (UHO), yang dipimpin oleh Dr. Awaluddin Hamzah, SP., M.Si., memberikan  peelatihan tentang  Pentingnya Perencanaan Pemasaran Produk  dan Media Sosial dalam Pemasaran Produk Pertanian kepada para petani di Kelurahan Mokoau.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021. Iskandar, SP, M.Si., Ph.D, yang memberikan materi terkait Peran Media Sosial (Medsos) dalam Pemasaran Produk Pertanian, mengatakan, dengan memanfaatkan Medsos dalam pemasaran produk pertanian, para petani bisa mempromosikan produk-produk pertanian lebih luas lagi.

Medsos, lanjut Iskandar, sangat efektif menjangkau berbagai kalangan atau lapisan masyarakat lebih luas lagi. Sehingga produk-produk pertanian, para petani bisa dikenal lebih luas dari berbagai kalangan.

Ditempat yang sma, Dr. Muhammad Aswar Limi, yang memberikan materi terkait Peran Perencanaan dalam Pemasaran Produk Pertanian, menyampaikan, perencanaan pemasaran produk sangat penting bagi perkembangan bisnis terutama bisnis produk pertanian. Dengan adanya perencanaan yang baik, maka para petani bisa mengembangkan produk pertanian yang diminati oleh masyarakat.

Dosen UHO, saat memberikan materi kepada para peserta

Sementara itu, Dr. Awaluddin Hamzah selaku ketua tim, dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini sangat penting. Sehingga ia meminta para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan diharapkan para peserta juga mampu menerapkan materi-materi pelatihan ini dengan baik, agar pemasaran produk-produk pertanian para petani semakin  efektif dan efisien. 

Sekedar informasi, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh mahasiswa UHO yang sedang melakukan KKN Tematik, DPL KKN Tematik Kelompok IV FP-UHO, yaitu  Dr. Ilma Mustaqiyma Rianse,  Salahuddin, M.Sc., dan, Kasno Arif, M.Si.  

Selain itu juga, turut hadir Lurah Mokoau, Aswan, S.Si. Pihaknya sangat menyambuk baik kegiatan KKN tematik yang ditempatkan di wilayahnya termasuk kegiatan pelatihan dilaksanakan.

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini terus berlanjut,” katanya.

-------------------------------