• 23 Oktober 2021

Himbara Permudah Investor Melalui Lelang Online

Agu 14, 2020 , ,

KENDARI – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) melakukan terobosan baru dalam mempermudah investor mengikuti lelang digital secara online.

Pimpinan Cabang BRI Kendari Samratulangi, Edy Muthalib mengimbau masyarakat Sultra agar berinvestasi pada aset lelang bank Himbara. Pada Auction Day tersebut, kata dia, merupakan kesempatan yang tepat membeli aset lelang karena masing-masing bank menawarkan harga promo.

“Untuk BRI Samratulangi sendiri menawarkan aset lelang yang ada di beberapa daerah seperti Kota
Kendari, Konawe Selatan, dan Bombana. Aset-aset tersebut terletak di lokasi yang strategis,” ungkapnya saat ditemui usai kegiatan di Claro Hotel Kendari, Rabu (12/8) malam.

Dia menuturkan, pembelian aset debitur BRI yang kreditnya bermasalah dapat dilakukan dalam dua cara yakni melalui lelang dan bawah tangan.

“Saat ini lelang dilakukan melalui online. Namun, calon pembeli tetap diperbolehkan untuk meninjau aset yang ditawarkan. Kami juga akan menyampaikan secara transparan tentang kondisi aset misalnya rumah,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Branch Manager BTN KC Kendari, Erik Budi Setiawan menambahkan, aset-aset lelang dari bank Himbara dapat menjadi peluang investasi yang menguntungkan di tengah pandemi saat ini. Melalui Auction Day, pihaknya menawarkan banyak aset tak bergerak di antaranya perumahan subsidi dan komersial. Aset lelang dari BTN sendiri cukup bervariasi seperti hotel, perumahan, tanah, hingga ruko.

“BTN memberikan akses kemudahan kepada para calon investor untuk membeli aset-aset nasabah bermasalah,” imbuhnya.

Sementara itu, Vice President Bank Mandiri Area Kendari, Rindra Setyawan menyebut, kemajuan digital telah membawa banyak memudahkan termasuk dalam proses lelang dengan tersedianya akses lelang online (e-Auction).

“Saat ini khususnya dari Bank Mandiri, sudah menyiapkan aplikasi Mandiri Lelang yang di dalamnya berisi list agunan di seluruh Indonesia termasuk di Sultra. Aplikasi ini juga bisa diakses oleh selain nasabah Bank Mandiri,” tutupnya.

-------------------------------