• 20 September 2021

Pembukaan Hingga Penutupan, Oelongko Festival VII Sukses di Gelar.

Agu 1, 2021

MUNA, Parameternews.com- Acara pembukaan Festival Budaya Oelongko berlangsung baik pada tanggal 29 Juli 2021 bertempat di Lapangan Desa Oelongko Kecamatan Bone Kabupaten Muna. Hingga penutupan Pada tanggal 30 Juli 2021 dengan menerapkan portokol kesehatan Covid-19.

Ketua Panitia Dhian Oltas usai menyampaikan Laporan panitia. Menitipkan pesan bahwa. Generasi Muda seharusnya melakukan terobosan kegiatan-kegiatan yang dapat melestarikan budaya Muna.

“Dengan kegiatan ini kami berharap kepada seluruh masyarakat, pemuda, dan mahasiswa, bahkan generasi milenial. Mampu secara bersama memahami nilai-nilai budaya Muna dan mampu melestarikannya kembali”, Jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Oelongko Malin Fajar pada sambutannya menyampaikan sebagai generasi harus berpikir bahwa Budaya Muna harus di Lestarikan.

“Beberapa peragaan Budaya Muna yang di tampil kan pada kegiatan pembukaan yaitu tari Linda dan Rambi Wuna”, Ungkapnya, Sabtu (31/7/2021).

Lanjut dia, Setelah pembukaan, di lanjutkan dengan rangkaian Lomba Fashion Show Anak menggunakan pakaian Khas Tradisional, serta Lomba Tari Linda, yang sangat menarik.

“Pada tanggal 30 Juli 2021, dilanjutkan dengan kegiatan Lomba Lagu Daerah Muna dan Rambi Wuna dari beberapa Kalangan mulai dari yang Tua, Dewasa, hingga sampai
Anak-Anak”, Tambahnya.

Pada Malam puncak tangggal 31 Juli 2021 penutupan kegiatan Sekaligus penyerahan Hadiah, ketua panitia Dhian Oltas Pada sambutannya menyampaikan, pengetahuan dan pelestarian budaya Muna di kalangan pemuda milenial saat ini sangat kurang.

“Rasa ingin tahu mereka terhadap budaya sangat merosot, olehnya kami mengadakan festival agar generasi muda/milenial mampu memahami nilai-nilai dan melestarikan budaya Muna agar tetap terjaga kekayaan warisan budaya leluhur tersebut”, Tandasnya.

Beberapa peragaan Budaya Muna yang di tampilkan pada Acara penutupan tersebut, Mulai dari Vocal Groub yang di bawakan Oleh Oelongko Groub, Tari Linda Sare yang di tampilkan oleh Groub Kamonggela, Rambi Wuna di tampilkan Oleh Kamonggela Cilik dan Lembaga Adat Pointau.

Sponsor Utama kegiatan tersebut adalah Rumah Andakara dan di serakan oleh pembinanya yaitu Wa Ode Nur Iman, S.Pd.,M.Pd kepada panitia dengan Uang Tunai, dan Piala, untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

-------------------------------