• 20 September 2021

Peptam Minta Polda Sultra Menutup Ilegal Mining di Koltim

Sep 6, 2021

Kendari, Parameternews.com – Hari ini Pemuda Peduli Tambang Sulawesi Tenggara (Peptam Sultra) melakukan aksi unjuk rasa pada dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan polda sultra terkait dugaan ilegal mining di Kolaka Timur (Koltim).

sekertaris ESDM Ridwan, saat menemui masa aksi mengungkapkan bahwa hanya dua yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Yang memiliki izin pertambangan di kolaka timur cuman dua IUP”, Terangnya. Senin (06/09/2021).

Lanjut, kata ridwan, ia akan menindak lanjuti persoalan tersebut dengan berkordinasi ke pihak-pihak instasi yang memiliki tugas serta wewenangnya untuk melakuan investigasi di lapangan.

“Kami akan melakukan kordinasi pada pihak- pihak terkait dan juga ESDM Pusat untuk menertibkan penambangan ilegal di kolaka timur”, Tegasnya.

Setelah itu, Erik Santo yang merupakan jendral lapangan, melanjutkan aksinya di polda sultra, dalam orasinya. Ia mengungkapkan bahwa pertambangan batu galian C di Kolaka Timur, di duga tidak memiliki izin.

“Harus di hentikan karena tidak sesuai berdasarkan aturan yang berlaku. UU no 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batu bara”, Imbuhnya.

Pihak kepolisian yang menemui masa aksi memberikan saran kepada Peptam Sultra untuk segera membuat surat aduan, agar proses penyelidikan segera dilakukan.

Erik Santo usai mendapatkan saran dari polda sultra. Pihaknya dalam kurun waktu 2×24 akan bawah laporan pengaduan ke Dirkrimsus Polda Sultra.

“sebagai landasan untuk Polda melakukan progres penutupan pertambangan ilegal di kabupaten Kolaka timur.” Tutupnya.

-------------------------------