• 10 Desember 2021

Usaha Ekraf Harus Manfaatkan Medsos Sebagai Sarana Promosi

Des 3, 2021

KENDARI- Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat, ikut berdampak pada sektor pasar. Saat ini, pasar digital makin tumbuh sumbur. Bahkan, transaksi dipasar online cukup besar.

Dengan besarnya pasar digital tersebut saat ini, maka pemerintah terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk masuk ke pasar digital.

Dinas Pariwisata Sultra terus berupaya mendorong para UMKM Sultra untuk memanfaatkan pasar digital untuk memasarkan hasil usaha mereka.

Karena itu, Dinas Pariwisata Sultra menyelenggarakan workshop peningkatan kapasitas kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif melalui pemamfaatan pasar digital dengan melibatkan para pelaku usaha UMKM dari 17 kabupaten/kota se Sultra.

Dispar Sultra juga mengundang para pemateri handal untuk membawakan materi mengenai pentingnya masuk ke pasar digital.

Salah satu pemateri yang dihadirkan yakni Sasmita Sugiardi. Sasmita Sugiardi salah satu pengusaha yang terbilang sukses memanfaatkan media sosial untuk memasarkan seluruh produknya.

Sasmita dihadapan peserta workshop tersebut memaparkan, pasar digital amat penting untuk menjadi publikasi produk para pelaku usaha ekonomi kreatif.

Nah, dalam memasarkan produk di media sosial maka, lanjut Sasmita, perlu ada trik tersendiri. Misalnya, kata dia, para pelaku UMKM perlu meperluas jaringan agar produk yang dimiliki bisa endors oleh teman-teman.

“Perlu kita bangun jaringan. Karena jejaring bisa kita manfaatkan untuk mengendors produk-produk yang kita pasarkan,”ungkapnya.

Selain itu, tambah dia, pelaku ekraf juga perlu mencari para pakar yang dianggap bisa memberikan testimony terkait produk yang kita miliki.

“Kalau perlu kita berteman dengan orang-orang penting. Agar bisa kita minta testimoninya untuk memasarkan produk kita,”ujarnya.

Sasmita juga mengatakan, produk yang harus dipasarkan di media sosial perlu diperhatikan. Kata dia, mulai dari tampilan medsos, kemasan produk, dan nilai yang ditawarkan perlu diperhatikan.

“Kalau di medsos, perlu kita kelolah secara profesional. Sehingga orang yang melihat usaha yang kita tawarkan merasa tertarik,”jelasnya.

Yang tak kalah penting juga, paparnya, produk yang kita pasarkan perlu ada ciri khas. Misalnya yang kita tawarkan soal nilai. Maka yg perlu diperhatikan adalah kualitas.

“Misal kita jual kue. Maka kita perlu memperbaiki tampilannya. Sehingga dari harga serinu bisa dijual 10 ribu. Yang penting diperbaiki, bisa ditambahkan mungkin keju, susu dan lain-lain,”pungkasnya.

-------------------------------